Analisa Uji Performasi Sistem Kemudi, Trnasmisi, dan Sistem Pengereman pada Mobil Listrik Tipe Urban Concept Warok V.1.1


Analysis of the performance test of the steering system, transmission, and breaking system on the urban concept electric car Warok V.1.1


  • (1) * Wawan Trisnadi Putra            Universitas Muhammadiyah Ponorogo  
            Indonesia

  • (2)  Muhammad Malyadi            Universitas Muhammadiyah Ponorogo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan uji performasi sistem kemudi, transmisi, dan sistem pengereman mobil listrik Tipe Urban Concept Warok V.1.1. Asumsi dasar mobil listrik dirancang dengan tipe Urban Concept (Kendaraan roda empat seperti mobil saat ini) yang disesuaikan dengan regulasi Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE), yang diselenggarakan pemerintah Indonesia melalui Kemenristekdikti.

Pada rancangan sistem kemudi menggunakan sistem kemudi berjenis ackerman, sistem transmisi menggunakan chain drive differential sedangkan sistem pengereman menggunakan cakram hidrolik. Pada hasil pengujian sistem kemudi memiliki sudut belok maksimum adalah 45  dengan radius belok kurang dari 6 meter, untuk sistem transmisi pada pengujian kecepatan putaran mesin roda belakang ( ) adalah 589,867 rpm dan putaran motor listrik 642,6 rpm dengan kecepatan rata – rata 53 km/jam. Besarnya perlambatan sistem pengereman adalah 4,901  dan 1,47 s untuk waktu pengeremannya.

References

Bambang Setyono, Y. S. (2015). Rancang Bangun Sistem Transmisi, Kemudi, dan Pengereman Mobil Listrik "Semut Abang". Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III 2015, 89-95.
Cahyo, P. (2013). Perancangan sistem hidrolis pada mobil listrik GARNESA. JRM, Vol 1, No 1, 54-56.
Hendra Kurniawan, F. E. (2018). Perancangan sistem Kemudi "Rack and Pinion" Mobil Hemat Energi Shell Eco Marathon Asia 2018 EMISIA Borneo 01. Suara Teknik : Jurnal Ilmiah, 58-63.
Ilmu Pubroputro, P., Aji Saputro, M., & Afan Muhlasin, M. (2017). Laporan Desain Kendaraan Kontes Mobil Hemat Energi . Indonesia.
Khan, D. I. (2012). Automotive Transmision System Design Based on Reliability Parameters. Journal of Realiability and statistical Studies, 59-76.
Mamahit, J. d. (2016). Perancangan sistem kemudi gokar listrik. . Jurnal online poros teknik mesin volume 5 no 1, 22-33.
Noviyanti, A. Y. (2016). Struktur dan morfologi elektrolif apatit lantanum silikat berbahan dasar silika sekam padi. Jurnal material dan energi Indonesia Vol. 6, 1-6.
Pramuko Ilmu Purboputro, M. A. (2018). Uji Kemampuan Rancangan Sistem Kemudi, Transmisi, dan Pengereman pada Mobil Listrik Prototype "Ababil". The 7th University Research Colloquium 2018, 118-127.
Prasetyo, D. d. (2013). Rancang bangun sistem transmisi sprocket chain pada mobil listrik GARNESA. JRM, 63-74.
Rasyid, K., Naim, M., Yosa, & Dewa Saputra, Y. (2019). Laporan Desain dan Progres Pembuatan Kendaraan Kontes Mobil Hemat Energi 2019. Indonesia: 2019.
Sularso, K. (1997). Dasar Perencanaan dan pemilihan elemen Mesin. Jakarta.
Toyota. (1995). New Step 1 training Manual. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor.
Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2021-01-19
 
Section
Articles