Evaluation of AUG-WID-R01 Spring Test Equipment
Evaluasi Alat Uji Pegas AUG-WID-R01
Abstract
Sepeda Motor Sesuai fungsinya sebagai alat transportasi ringan kendaraan bermotor harus memenuhi standar desain keselamatan dan keamanan bagi penggunanya, shock absorber merupakan komponen yang didesain untuk meredam getaran akibat guncangan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghitung nilai koefisien pegas pada sepeda motor (2) menghitung simpanan hasil perhitungan dan pengujian. Dalam penelitian ini menggunakan metode Desain Eksperimen yaitu melakukan pengujian untuk mendapatkan data selanjutnya mengolahnya menggunakan teori getaran bebas, dan mengitung nilai k & simpangan menggunakan teori. Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan dapat diperoleh karakteristik pengaruh getaran. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai k pada pegas diperkirakan sebesar ± 18 KN/m dan simpangan maksimum ± 12 cm. (2) Berdasarkan hasil pengujian nilai k pada pegas dihasilkan ± 24,6 KN/m dan simpangan maksimum ± 4,0 cm
References
Singiresu S. Rao. (2011). Mechanical Vibration. Pearson Hall. ISBN 978-0-13-212819-3 (978-0-13-212819-3 : alk. paper) 1. V.
Abdul Hadi. (2015). Estimasi Getaran Mekanik pada teleskopik Shock absorber pada motor Yamaha Jupiter MX 125. Laporan Penelitian mandiri. Universitas Pattimura Ambon
R. Keith Mobley (20). Vibration Fundamentals, Newness ISBN 0-7506-7150-5.
Richo Fenda Refiantoro dan Kurniawanti, Penentuan Konstanta Pegas dalam Hukum Hooke pada Rangkaian Tunggal, Seri dan Paralel, Journal of Industrial Engineering Universitas PGRI Yogyakarta, Volume 1 No. 2, Juni 2022 p-ISSN 2809-7809
Jadhav, A. R., Pol, G. J., & Desai, A. A. 2015. Design and Manufacturing of Hydraulic Spring Stiffness Testing Machine. 4395 (October 2014), 184–190
Martias, H. D. 2018. Perancangan Dan Pembuatan Alat Uji Defleksi Pegas Spiral. 1, 1–7
Naik, S., & Kumbhalkar, S. B. J. S. S. 2018. Design & Analysis of Helical Spring Testing Machine : A Review. 6(01), 1059–1060.
Toto Rusdianto, Anak Agung Putu Susastriawan, Getaran Mekanis, AKPRIND PRESS, halaman 56-59.
Arief Budiman dkk, Analisis Pengaruh konstanta Pegas Akibat Pertambahan Panjang Pegas, Jurnal Ilmu Fisika dan Terapannya, Volume 10 Edisi 01, April, 2023, Halaman 12–30.
Yuhani Jaya, Djoko Santoso, Perencanaan Pegas Pada Shock Absorber Roda Belakang Jenis Sedan Kapasitas 1500 cc, Jurnal Mekanikal Teknik Mesin S-1 FTUP Volume 10 No.1 Januari 2014
Rahmadianto, F., & A.P, G. (2020). Analisa pengaruh variasi displacement shock absorber kendaraan bermotor terhadap respon getaran. Paper. Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional. Malang
Suhandoko. (2014). Analisis getaran pada sistem suspensi kendaraan roda dua (yamaha jupiter Z 2004) menggunakan simulasi software matl ab 6.5. Tentua., B. G. (2011). Analisa respon dinamik sepeda motor terhadap posisi sudut suspensi. 8, 859–866.
Wabang, K., Warsito, A., & Louk, A. C. (2020). Simulasi peredaman getaran pada pegas katup (valve spring) sistem hidrolik dengan metode pid memanfaatkan simulink matlab.
Wakid, M. (2011), Jurnal Fisika: Sistem suspensi kendaraan ringan, Fisika Sains Dan Aplikasinya, 5(1), 1–10. Mentari Pustaka.
Umi Nurofi’atin, agus Maman Abadi (2018), Analisis Model Sistem Suspensi Sepeda Motor Dengan Metode Runge-Kutta Orde Empat, Jurnal Ilmu-ilmu MIPA, 10.20885/eksakta.vol18.iss2.art3, ISSN: 1411-1047
Martande, S, Jangale, Y.N, Motgi, N.S, (2013), Design and analysis of shock absorber. International juornal of application or inovation in engineering & management (IJAIEM), 2013, 02, 195-199.
Copyright (c) 2024 Adhita Prasetia, Martoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.