Evaluation of AUG-WID-R01 Spring Test Equipment


Evaluasi Alat Uji Pegas AUG-WID-R01


  • (1) * Adhita Prasetia            Universitas Widyatama Bandung  
            Indonesia

  • (2)  Martoni            Universitas Widyatama Bandung  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Sepeda Motor Sesuai fungsinya sebagai alat transportasi ringan kendaraan bermotor harus memenuhi standar desain keselamatan dan keamanan bagi penggunanya, shock absorber merupakan komponen yang didesain untuk meredam getaran akibat guncangan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghitung nilai koefisien pegas pada sepeda motor (2) menghitung simpanan hasil perhitungan dan pengujian. Dalam penelitian ini menggunakan metode Desain Eksperimen yaitu melakukan pengujian untuk mendapatkan data selanjutnya mengolahnya menggunakan teori getaran bebas, dan mengitung nilai k & simpangan menggunakan teori. Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan dapat diperoleh karakteristik pengaruh getaran. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai k pada pegas diperkirakan sebesar ± 18 KN/m dan simpangan maksimum ± 12 cm. (2) Berdasarkan hasil pengujian nilai k pada pegas dihasilkan ± 24,6 KN/m dan simpangan maksimum ± 4,0 cm

References

Singiresu S. Rao. (2011). Mechanical Vibration. Pearson Hall. ISBN 978-0-13-212819-3 (978-0-13-212819-3 : alk. paper) 1. V.

Abdul Hadi. (2015). Estimasi Getaran Mekanik pada teleskopik Shock absorber pada motor Yamaha Jupiter MX 125. Laporan Penelitian mandiri. Universitas Pattimura Ambon

R. Keith Mobley (20). Vibration Fundamentals, Newness ISBN 0-7506-7150-5.

Richo Fenda Refiantoro dan Kurniawanti, Penentuan Konstanta Pegas dalam Hukum Hooke pada Rangkaian Tunggal, Seri dan Paralel, Journal of Industrial Engineering Universitas PGRI Yogyakarta, Volume 1 No. 2, Juni 2022 p-ISSN 2809-7809

Jadhav, A. R., Pol, G. J., & Desai, A. A. 2015. Design and Manufacturing of Hydraulic Spring Stiffness Testing Machine. 4395 (October 2014), 184–190

Martias, H. D. 2018. Perancangan Dan Pembuatan Alat Uji Defleksi Pegas Spiral. 1, 1–7

Naik, S., & Kumbhalkar, S. B. J. S. S. 2018. Design & Analysis of Helical Spring Testing Machine : A Review. 6(01), 1059–1060.

Toto Rusdianto, Anak Agung Putu Susastriawan, Getaran Mekanis, AKPRIND PRESS, halaman 56-59.

Arief Budiman dkk, Analisis Pengaruh konstanta Pegas Akibat Pertambahan Panjang Pegas, Jurnal Ilmu Fisika dan Terapannya, Volume 10 Edisi 01, April, 2023, Halaman 12–30.

Yuhani Jaya, Djoko Santoso, Perencanaan Pegas Pada Shock Absorber Roda Belakang Jenis Sedan Kapasitas 1500 cc, Jurnal Mekanikal Teknik Mesin S-1 FTUP Volume 10 No.1 Januari 2014

Rahmadianto, F., & A.P, G. (2020). Analisa pengaruh variasi displacement shock absorber kendaraan bermotor terhadap respon getaran. Paper. Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional. Malang

Suhandoko. (2014). Analisis getaran pada sistem suspensi kendaraan roda dua (yamaha jupiter Z 2004) menggunakan simulasi software matl ab 6.5. Tentua., B. G. (2011). Analisa respon dinamik sepeda motor terhadap posisi sudut suspensi. 8, 859–866.

Wabang, K., Warsito, A., & Louk, A. C. (2020). Simulasi peredaman getaran pada pegas katup (valve spring) sistem hidrolik dengan metode pid memanfaatkan simulink matlab.

Wakid, M. (2011), Jurnal Fisika: Sistem suspensi kendaraan ringan, Fisika Sains Dan Aplikasinya, 5(1), 1–10. Mentari Pustaka.

Umi Nurofi’atin, agus Maman Abadi (2018), Analisis Model Sistem Suspensi Sepeda Motor Dengan Metode Runge-Kutta Orde Empat, Jurnal Ilmu-ilmu MIPA, 10.20885/eksakta.vol18.iss2.art3, ISSN: 1411-1047

Martande, S, Jangale, Y.N, Motgi, N.S, (2013), Design and analysis of shock absorber. International juornal of application or inovation in engineering & management (IJAIEM), 2013, 02, 195-199.

Published
2024-11-21
 
Section
Articles