Karakterisasi Sensor Kapasitif Untuk Penentuan Level Aquades Capacitive Sensor Characterization for Aquades Level Determination

Main Article Content

Bowo Eko Cahyono

Abstract

Kapasitor pelat sejajar adalah suatu komponen elektronika yang terdiri dari dua buah pelat penghantar sejajar yang disekat satu sama lain dengan suatu bahan dielektrik. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan perubahan nilai kapasitansi terhadap kenaikan volume aquades dengan menggunkan metode kapasitif. Metode kapasitif memanfaatkan rangkaian sensor kapasitif yang dihubungkan dengan osiloskop untuk mengetahui tegangan masukan dan tegangan keluaran dan selanjutnya digunakan untuk menentukan nilai kapasitansi. Bahan yang digunakan dalam penelitian adalah aquades, dengan volume aquades yang digunakan divariasikan dari 18 mL sampai 180 mL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin meningkat volume aquades maka semakin besar nilai kapasitansi. Tetapi data hasil eksperimen menunjukkan bahwa ada beberapa hasil yang tidak konsisten yaitu meskipun volume aquades dinaikkan tidak menyebabkan kenaikan nilai kapasitansi. Hal ini terjadi pada kenaikan volume dari 72 mL ke 90 mL, kenaikan volume 108 mL ke 126 mL dan juga kenaikan volume aquades dari 144 mL ke 162 mL. Hubungan linieritas antara nilai kapasitansi dan level aquades dinyatakan dengan persamaan linier y = 0,0913x dengan koefisien linieritas R= 0,9106.

Article Details

Section
Articles

References

[1]Petrucci, R. (2008). Kimia Dasar Prinsip dan Terapan Modern, Edisi Keempat Jilid 3. Jakarta: Erlangga.

[2]Sutrisno. (1983). Fisika Dasar. Bandung: Institut Teknik Bandung.

[3]Maulana. (2009). Pengukuran Nilai Kapasitansi Listrik Spora Aspergillus niger Menggunakan Kapasitor Plat Sejajar. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

[4]Nugroho, A. S., Faridah dan K. Suryopratomo. (2013). "Rancang Bangun Sensor Pengukur Level Interface Air dan Minyak Pada Mini Plant Separator." Jurnal Tenofisika., ISSN 2089-7154. 2 (2): 42-54.

[5]Ananda, S. A. dan V. A. Kusumandoyo. (2001). "Penyadapan Saluran Transmisi Dengan Kopling Kapasitif Untuk Suplai Daerah Terpencil." Jurnal Teknik Elektro. 1 (1): 1-8.