Pengaruh Vaporasi Bahan Bakar Pertamax Terhadap Performa Sepeda Motor Dibandingkan dengan Pemanasan Biasa The Effect of Pertamax Fuel Vaporization on Motorcycle Performance Compared to Regular Heating

Main Article Content

A'rasy Fahruddin
Andre Fajariansyah
Ahmad Bukhori

Abstract

Vaporasi bahan bakar adalah sistem penguapan bahan bakar, yaitu bahan bakar diuapkan menjadi gas dengan bantuan panas dari exhaust manifold. Vaporasi dari gas bahan bakar pertamax ini sangat efektif digunakan  untuk menghemat bahan bakar pada kendaraan bermotor. Prinsip kerja dari sistem ini adalah dengan memanfaatkan panas knalpot untuk memudahkan penguapan bahan bakar menggunakan pipa preheater yang ditempel di exhaust manifold. Bahan bakar yang telah panas kemudian masuk ke tabung vaporasi dan dihisap menuju intake manifold. Pada penelitian ini sistem vaporasi bahan bakar dibandingkan dengan sistem pemanas bahan bakar biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem vaporasi bahan bakar lebih baik dari mesin standar maupun sistem pemanasan bahan bakar biasa dari segi daya maupun efisiensi. Dan sistem pemanasan bahan bakar menghasilkan performa yang lebih baik dari mesin standar. Peningkatan daya dengan sistem vaporasi mencapai 13,2% sedangkan sistem penguapan biasa mencapai 8,8% dibandingkan mesin standar.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia. 2014. Tabel Statistik Data Penjualan Sepeda Motor. Diunduh dari http://www.aisi.or.id/statistic/ pada tanggal 16 maret 2015.

[2] Energi Sumber Daya Mineral. 2013. Harga Minyak Mentah Dunia Pada Bulan September Dipasar Internasional. Diunduh dari http://www.esdm.go.id/berita/ pada tanggal 16 maret 2015.

[3] Abdillah, Fuad & Sugondo, (2014). Prototipe Alat Penghemat Bahan Bakar Mobil Menggunakan Metode Hidrocarbon Crack System (HCS) untuk Menghemat Bahan Bakar dan Mengurangi Gas Buang. Universitas Muria, Kudus.

[4] Kurniawan. Sandi, 2010. Pengaruh Vaporasi Bahan Bakar Minyak Terhadap Peningkatan Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Bung Pada Motor 4 Langkah, Universitas Gunadarma, Depok.

[5] Rano. W, 2011.Studi Kasus Pemanasan Bahan Bakar Dengan Media Radiator Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Kinerja Motor Bakar Bensin Jenis Daihatsu Hijet 1000, Universitas Widyagama,Malang.

[6] Arismunandar, Wiranto, (2005). Penggerak mula : motor bakar torak, eds 5, Bandung, Penerbit Institut Teknologi Bandung.

[7] Astu. Pudjanarsono dan Djati Nursuhud, (2008), Motor Pembakaran Dalam, dalam Mesin Konversi Energi, eds Andi, Yogyakarta, hal. 47-75.