Karakteristik KERS E3 (Kinetik Energi Recoveri Sistem Evolusi 3) Sebagai Pengisi Energi Listrik Kendaraan Listrik Universitas Jember


Characteristics of KERS E3 (Kinetic Energy Recovery for Evolutionary Systems 3) as a Charger for Electric Vehicles at the University of Jember


  • (1) * Mochamad Edoward Ramadhan            Laboratorium Desain Mekanika, Jurusan Teknik Mesin Universitas Jember Jalan Kalimantan 37 Fakultas Teknik Universitas Jember Jawa Timur  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Mobil listrik ketika berjalan memerlukan proses pengisian energi listrik dengan harapan jarak tempuh mobil listrik semakin jauh. Proses pengisian energi listrik menggunakan KERS E3 yang merupakan pengembangan KERS terdahulu yang dilakukan penelitian pada tahun 2013 dan 2014. Sehingga pada tahun 2015 dilakukan proses pengambilan respon CVT terhadap flywheel yang dipakai di  KERS E3  menggunakan motor listrik sebagai penggerak mula dengan fungsi ramp yaitu motor listrik berputar dari putaran 0 rpm sampai puncak yaitu 5640rpm. Hasil dari pengambilan respon berupa putaran flywheel dengan motor listrik berdaya 1 HP dicapai dalam waktu 15 detik. Flywheel mempunyai massa : 1.82kg, luas permukaan : 0.0596m2 , inersia :0.18472 kg.m2 dengan hasil energi kinetik rata-rata 78159,89 joule. Transmisi yang menghubungkan dari putaran mula ke flywheel menggunakan CVT konvensional. Dari proses pengambilan data yang dilakukan selama tujuh kali, Pengereman Energi Kinetik yang diberikan oleh generator (Proses Konversi Energi) terjadi dalam waktu 38 detik dengan kehilangan energi kinetik 51387.60 Joule. Sehingga kemampuan KERS generasi 3 membangkitkan energi kinetik sebesar 26772.29 Joule.

References

F1 KERS: Flybrid. Racecar Engineering. 2008–11–18. Diakses 2010–04–27.

Flybrid Systems LLP (2010-09-10). "Flybrid Systems". Flybrid Systems. Diakses 2010-09-17.

Jaferson, C. M. dan Ackerman, M. (1996), "a Flywheel Variator Energi Storage System", Energi Convers, Faculty of Engineering, University of the West of England, Frenchay Campus, Coldharbour Lane, Bristol BSI6 IQY, U.K. MGMT Vol.37, No.10, hal.1481-1491.

Toyota Hybrid Race Car Wins Tokachi 24-Hour Race; In-Wheel Motors and Supercapacitors. Green Car Congress. 2007-07-17. Diakses 2010-09-17.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2016-06-30
 
Section
Articles