Rancang Bangun Mekanika Smart Box Untuk Aquarium Ikan Hias Berbasis Arduino Design Of Smart Box Mechanics For Arduino Based Ornamental Fish Aquarium

Main Article Content

Gugun Gundara
Rifqi Risnandar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan merancang alat yang dapat memberi pakan ikan otomatis, monitoring suhu dan kadar gas amonia pada aquarium ikan hias dengan menggunakan mikrokontroller arduino. Dengan menggunakan motor servo untuk membuka dan menutup katup tempat pakan ikan, Real Time Clock sebagai pengatur waktu dan jadwal pemberian pakan, sensor DS18b20 untuk memonitoring suhu yang ada pada aquarium, serta sensor MQ-135 untuk mengukur kadar gas amonia pada aquarium.Pemberian pakan ikan disesuaikan dengan jumlah berat total ikan yang ada pada aquarium, sehingga untuk menentukan jumlah pakan dilakukan dengan memberikan jeda pada servo. Suhu yang baik untuk aquarium adalah berkisar 29ºC, sehingga untuk mendapatkan suhu yang sesuai pemelihara dapat melakukan penyesuaian dengan menambahkan air hangat atau air dingin agar suhu yang ada pada aquarium dapat sesuai dengan yang dibutuhkan. Kadar gas amonia pada aquarium yang baik adalah berkisar antara 0,2 - 0,5 ppm, agar kadar gas amonia pada aquarium tidak terlalu tinggi dan sesuai yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan cara membersihkan aquarium secara berkala dan mengganti air yang ada pada aquarium.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Elfani and P. Ardi, “Sistem pakar mendiagnosa penyakit pada ikan konsumsi air tawar berbasis website,” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 1, pp. 42–50, 2013.
[2] H. S. Weku, E. V. C. Poekoel, R. F. Robot, and M. Eng, “Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Mikrokontroler,” E-journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 5, no. 7, pp. 54–64, 2015.
[3] A. M. M. Ardiwijoyo, Jamaluddin, “RANCANG BANGUN ALAT PEMBERI PAKAN IKAN DENGAN SISTEM AUTOMATISASI BERBASIS ARDUINO UNO R3 DENGAN SISTEM KENDALI SMS,” Pendidik. Teknol. Pertan., vol. 4, pp. 12–20, 2018.
[4] K. Oktavianto, “Perencanaan dan Pembuatan Alat Pengatur Suhu , Monitoring Ph Air dan Pemberi Makan Ikan Arwana Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega16,” vol. 1, no. 1, 1945.
[5] M. F. Yenni Sri Mulyani, Yulisman, “PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) YANG DIPUASAKAN SECARA PERIODIK,” J. Akuakultur Rawa Indones., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2014.
[6] D. Prihatmoko, “Perancangan dan implementasi pengontrol suhu ruangan berbasis mikrokontroller arduino uno,” vol. 7, no. 1, pp. 117–122, 2016.
[7] A. Fuadi, R. W. Sembiring, I. Gunawan, and Z. M. Nasution, “Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ternak Ikan Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino, Sensor Ultrasonik dan Module Sim800l,” vol. 1, no. 3, pp. 122–126, 2021.
[8] R. Dikky Auliya Saputra, Amarudin, “Rancang bangun alat pemberi pakan ikan menggunakan mikrokontroler,” J. Ilm. Mhs. Kendali dan List., vol. 1, no. 1, pp. 7–13, 2020.
[9] M. Rozik, R. Setyadi, and I. Christiana, “PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN IKAN NILA ( Oreochromis niloticus ) YANG DIPUASAKAN SECARA PERIODIK Growth and feed efficiency of tilapia ( Oreochromis niloticus ) starved periodically,” J. Trop. Fish., vol. 13, pp. 1014–1021, 2018.
[10] R. F. Christianti and D. Supriyadi, “Pengendalian Motor Servo Yang Terintegrasi Dengan Webcam Berbasis Internet Dan Arduino,” Infotel, vol. 5, no. 2, pp. 17–23, 2013.